10 Agustus 2010

Muspas Harus Hasilkan Dokumen Perencanaan Terukur

ENDE -- MUSYAWARAH Pastoral (Muspas) VI sebagai kesempatan evaluasi, menyusun arah dasar dan strategi pastoral Keuskupan Agung Ende lima tahun ke depan hendaknya menghasilkan dokumen perencanaan yang hasilnya dapat terukur.

Ketua Umum Panitia Muspas VI dokter Dominikus M Mere, Selasa (6/7) di aula pertemuan Muspas mengatakan, apa yang ingin dicapai dari pertemuan ini adalah adanya strategi dan program kerja lima tahun yang punya tolok ukur dan indikator yang jelas sehingga nanti pada Muspas VII dapat dievalusi dan terukur pula pencapaiannya. “Sebab Muspas sama dengan rencana jangka panjang menengah (RPJM),” katanya.

Untuk dapat menghasilkan dokumen dan program kerja yang demikian, dia berharap seluruh peserta tetap terfokus pada kerangka acuan (term of reference) yang dibuat panitia. “Kita tidak boleh keluar dari kerangka acuan tersebut”.

Menurut dia, jika pembahasan dalam Muspas keluar dari kerangka acuan yang diberikan, “kita tidak akan menghasilkan dokumen perencanaan yang baik. Akibatnya perencanaan kita tidak terukur dan kita akan terus berada dalam proses. Sebab itu kita butuh indikator yang jelas”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar