15 Agustus 2010

Muspas: Retret Agung dan Hari-Hari Kerja

ENDE -- DIREKTUR Pusat Pastoral (Puspas) Keuskupan Agung Ende Romo Cyrilus Lena Pr mengatakan, Musyawarah Pastoral (Muspas) VI adalah sebuah retret agung karena seluruh peserta Muspas “melakukan reflekasi bersama” disamping sebagai “hari kerja untuk menghasilkan perencanaan pastoral keuskupan”.

Romo Cyrilus dalam konferensi pers di Puspas Keuskupan Agung Ende, Sabtu (3/7) menegaskan kembali komitmen keuskupan untuk mendorong partisipasi umat untuk terlibat penuh dan aktif-sadar dalam seluruh reksa pastoral Gereja Keuskupan Agung Ende.

Keuskupan, katanya, dalam reksa pastoralnya ingin menjadikan umat sebagai subjek dari pastoralnya. Karena itu Muspas adalah musyawarah umat sehingga fokusnya juga adalah umat. “Allah menyatakan DiriNya dalam kehidupan riil umat sehingga Allah dialami oleh umat melalui kehidupannya”.

“Umat akan menjadi subjek pastoral dan mereka juga yang melaksanakannya sehingga umat menjadi saksi kebenaran, keadilan dan cinta kasih,” katanya.*

1 komentar:

  1. Memang umat adalah subyek, tetapi sering diperlakukan sebagai obyek oleh sebagian petugas pastoral. Program seperti ini semoga bukan untuk keuskupan Ende saja, tetapi juga untuk keuskupan yang lain.

    BalasHapus